Awal kerja di HMTC, Kini Pak Husen adalah Pemilik Bengkel “Tiara Jaya Motor”

Saya lulusan HMTC untuk Surabaya pada tahun 2003. Pada bulan berikutnya, langsung saya diangkat menjadi instruktur pada HMTC pusat di Depok hingga tahun 2006. Setahun berjalan hingga 2007, sepulang dari Jakarta selekasnya saya mendirikan sebuah bengkel pada dekat rumah saya di Kalimantan Barat.

Modal awal yang dikeluarkan sebesar Rp. 40 juta. Jumlah angka yang ada tersebut sudah mencakup semua keperluan, seperti kunci-kunci, special tools, spare part, s/d sewat tempat. Tapi sekarang udah enggak menyewa lagi, karena bengkelnya biasa menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Jadi cukup membukanya di garasi, tepat samping rumah.

Dalam menjembatani kemajuan dari Bengkel Tiara Jaya Motor, saya tidak memiliki strategi khusus atau semacamnya. Yang paling saya tekankan untuk diri saya adalah tanggung jawab terhadap pekerjaan. Dan yang pasti kualitas kerjaan saya. Itu yang saya selalu jaga. Artinya begini. . . . .Saya enggak lepas begitu saja motor-motor garapan saya, sampai bisa kompetitif.

Beranjak pada pembahasan tentang konsep kerja sejak awal. Yaitu tadi, saya selalu mengedepankan kualitas pekerjaan dengan memakai part yang bukan abal-abal, serta berdasarkan pekerjaan yang bersih dan teliti. Jadi kalau kualitas kerja kita baik, orang akan datang dengan sendirinya. Apalagi dalam ruang lingkup masyarakat domestik, para pelanggan bisa berbicara dari mulut ke mulut. jadi kalau kualitas kita baik, orang akan percaya untuk selanjutnya.

Walau usia terus bertambah, terlihat Mr Husen tetap awet muda. Bagi-bagi dong resepnya . . . ?

 

Target Pasar dari Bengkel anda, motor berjenis apa ??

Saya kan bukan bengkel umum, tapi bengkel khusus balap. Jadi saya hanya menerima order pembuatan mesind an rangka motor-motor balap saja.

Jadi jenis motor konsumen apa saja, saya terima. Kalau buat balapan.

Kiat & Motivasi apa yang bisa anda informasikan untuk para Murid dan Lulusan HMTC (Hartomo Mechanical Training Centre) ??

  • Saran saya untuk lulusan dan alumni HMTC yang lain adalah tanggung jawab terhadap pekerjaan, jujur, dan utamakan kualitas kerja. Jadi orientasinya tidak melulu terhadap uang, tapi hasil kerjaan & kepuasan konsumen.
  • Kalau masalah teknis, saya rasa terus sambil belajar aja. Jangan pernah merasa puas dengan ilmu yg sudah di dapat.
  • Mental seorang mekanik harus siap menghadapi perubahan. Jadi tidak hanya sekedar teknis saja, melainkan kesiapan mental, attitude dan itu semua akan berefek di bgkel nantinya. Jadi saya¬† rasa yang di ajarkan di HMTC lengkap, dari mulai teknik sampai ke manajemen bengkel.

 

 

Nama: Husen

Tanggal lahir: 12 Mei 1985.

Nama bengkel: Tiara Jaya Motor.

Alamat: Jl. RA Kartini gg Patora no. 34, Singkawang Tengah, Kal Bar.

Facebook: https://www.facebook.com/husen.acx

WA: 0852-4509-0292