Berkat Ketekunan, Pak Dadan Hamdani, 31, Berhasil Menjadi Montir yang Handal

Beliau memang sosok yang terlahir untuk menjadi motivator handal di bidang permesinan. Asalnya pun dari desa terpencil di kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Namun berbicara perihal pengalaman dan pengetahuan tentang jasa servis perbengkelan motor, ia punya cerita tersendiri akan keseriusan pada seni kerja di dunia tersebut.

Cita cita ku, aku ingin jd mekanik profesianal d bidang nya.. Dngn argumen yg bsa d mengerti oleh berbagai konsumen… Dngn hasil yg memuaskan… Dasar mekanik ku adalah Hobi.. Uang buatku no 2. Hasil yg memuaskan, itu tujuanku ,” begitu pungkas nya di Facebook (19/09/2017).

Lalu kemudian,. . . . “Sob cape ngetik nya . . . . . . . .  Ha ha ha ha haaa.”

Ia menemukan konsep kerja tentang perbengkelan setelah berpindah-pindah dari 1 kota ke kota yang lain. Mulai dari pusat kota hingga pelosok, dari jakarta sampai Palembang. Semua tuntunan tersebut berusaha ia jawab karena memang sudah biasa. Semangat yang memang sudah tumbuh sewaktu masih sekolah di HMTC (Hartomo Mechanical Training Centre) cabang Bandung. Kerja keras lah yang membayar semua biaya pendidikan selama ini.

Man n n ntaaa.aa.a.p. . . . tambah lagi nasi anget Kang Dadang Hamdani, 31. Read more sobat. . . . .

= = = = = = = = = = = = = = = =

Berawal dari hobi bongkar pasang motor. Sampai slalu salah pas pemasangan komponennya. Alhasil d bawa ke bengkel lagi.. bsa d katakan sakit hati. Karna d ejek dan d katain.. smpai memberanikan diri untk gaul sama beberapa bengkel. Tp malah bingung tuk d pahami. Penyakit yg sama dg motor yg sama tetapi jwaban beberapa bengkel tak ada yg sama. Terkesan seperti ingin membodohi kita…

Sebelumnya aku jualan. Bisnis jual beli..sampai jd bisnis strategi manajemen. Dari kenyataan seperti itu, aku melirik roda dua. Dan berpikir suatu saat atau beberapa tahun ke depan roda dua akan menjadi barang ke butuhan. Bukan lg barang mewah yg jarang d miliki orang ekonomi rmenengah ke bawah.

Dari pemikiran itu aku pengn jd mekanik..tp aku ngga bsa begitu sja menentukan pilihan jd mekanik.. butuh proses yg kuat untuk aku pilih jd mekanik.. sampai setaun lebih aku nyimak perkmbangan roda dua. Survey mulai dri pusat kota smpai plosok plosok. Jakarta. Bogor. Bandung. Lampung. Dan beberapa kecil d kabupaten.. dan hasil nya menrt ku menjangjikan…mempu­nyai potensi jga.

Sadar dngn usaha yg sedang saya jalanin jualan dan bisnis bisnis kecil. Menrt saya beresiko. Gulung tikarlah kita seandainya jualan nya jeulek.. Hancurlah kita pd saat bisnis kita kena tipu… pikiranku berpikir aku membutuhkan skill atau keahlian.. yg resiko nya kecil..Dan masuklah aku ke HMTC setelah banyak bertanya2 sma tmn dan buka koran… Dngn banyak informasi yg terkumpul. D dlm hati dan slalu bertanya tanya apakah hmtc akan menjamin. Kita akan bisa setelah masuk hmtc…????

Kisah Awalnya.

Hari demi hari aku belajar d hmtc slalu membina hub baik sama tmn”. Dngn cara slalu sering melakukan pembicaraan serius tuk cita cita ke depan nya. Hasil yang sering aku pahami, anak” hmtc sangt sedikit yg benar” belajar nya.. Sebagian besar siswa hanya ingin main aja tumpang gaya dngn nama hmtc untk titel nya. Apa lagi siswa dari pulau sumatra.. dia memanfaatkan nya untk main aja.. belajar emang belajar tp meraka tidak memahaminya… tentang begitu susah nya pas waktu kita d lapangan.. meraka puas cmn belajar d hmtc aja. Tanpa pernah pkl dlu..

Sudah trasa kurang lebih 4 bln d hmtc. Pikiranku serasa jauh ilmu bila cmn mengandalkan d hmtc. Dsana aku minta pending pd instuktur..untuk bisa PKL dlu ke luar.. guna penyeimbangan.. teori & praktek aku keluar masuk bengkel..dan merangkum semua pengalaman d lapangan untk d pelajari. Supya leubh paham.

Masuk dan keluar bengkel aku sudah lakukan pd saat 4 bulan masuk hmtc. Ya itu gunanya untk menyeimbangkan teori dasar sama lapangan.. kadang 3 bln d lapangan. Masuk lagi hmtc. D hmtc 1 bulan keluar lagi. Masuk lagi lapangan.. klau ngga salah. Kluar masuk 4 bengkel…

Bnyak bengkel aku masuki.. mulai dari bengkel standar.. sampai korekan/ balapan.. Mulai yg mempunyai kunci kunci komplit sampai kunci seadanya.. karna hmtc menuntut harus kunci yg kumplit. Tp pola pikir ku berpikir, klau seandai pergi main ke sodara trus kita d suruh betulin motor dngn kunci yg seadanya. Kta mau gmna.. makanya dulu aku sampai cari cari tmpt PKL yg kunci nya seadanya. Karena aku pengn ilmu nya.. atau tehnik tehnik nya.. alhmdlh terlaksana.. hheee

Aku sadar aku bukan anK smp atw sma sekolah tuk main main. Aku bkn anak org kya. Bukan pla bnyak uang.. untk bsa masuk hmtc aja aku. Aku benar benar seudih..dari situ aku benar” extra… “waktu adalah ilmu” aku bikin komitmen.. tiada waktu tuk leha leha.. sampai tidur pun paling 1 jm atw 2 jm. Karena mlm terkadang aku ikut bantu bantu d bengkel. Yg suka bukanya sampai pagi.. sampai waktu trus berjln ngga trasa. Disini aku dapat menyimpulkan. Klau main d standar aja.. prospek kedepanya begitu berat bersaing dngn bengkel lainya. Karna d suatu wilayah yg persaingan nya ketat terkadang bengkl” slalu memangpangkan atwh mempromosikan (mengandalkan sektor promosi). Memajang. Nilai plus nya selain standar. Guna memikat para konsumn..

Akhirnya aku terpacu tuk pengen bisa mempunyai ilmu plus nya. Ya katakanlah memodifikasi mesin atau istilah nya bore up.. sampai aku private modifikasi mesin. Siang aku d hmtc standar..mlm. mulai dari jm 8 sampai jm11 mlm aku belajar private.. sesudah jm private beres, terkadang aku langsung ke bengkel mlm.. begitu melelahkan. Begitu mengerikan. Kata capek udah ngga ada. Apa alasan ku begitu extra dlm belajar.. nma hmtc begitu besar seandainya aku ngga bsa apa” atau msh d cemoohkan sama tmn. Ni lah bentuk dari pertanggung jawaban ku pd hmtc.. keluarga. Waktu. Uang yg sudah d habiskan. Guna ingin sekali menjadi mekanik profesinal d bidangnya…

Di lihat dari sudut pandangku. Dngn hasil fakta yg terjadi dngn jawaban para instuktur. Aku pernah bertanya “Apakah lulusan hmtc akan hebat semuanya ?.”

Banyak instuktur bilang dari 100% tiap angkatan paling yg go atau yg bagus cmn 20 atau 15% aja.. klau d pandang lgi dari sudut pandang ku. Knpa hmtc khusus nya d daerah bandung tmpt kursus nya ngga d bareungin sama bengkel nya.. karena kalau d bareungin dngn bengkelnya.. ni sangat” akan menguntungkan.. selain bisa meminimalisir tiap angkatan yg beres d hmtc. Karena teori d tmpat kursus terus d bareungin dngn lapangan. Akan mantap hasil nya. Minimal 30% yg gagal nya wajar.. asal yg 70% bibit mekanik unggulan..dari segi bisnis jga ni akan sangt mrnguntungkan saya kira.. knapa knpa hmtc. Strategi bisnis dan managemn nya kmna.. aku sngt menyayangkan dngn nma besar nya. Yg udah terkenal .aku harap hmtc trus bangkit. Trus jaya.. karena aku sadar dasarku hmtc. I love hmtc.

Singkat cerita beres aku dari hmtc.. aku berinisiatip tuk megetes semua kemampuanku. Takan berkembanglah ilmu seandai aku d bandung trus d tempel sma mekanik yg lepelnya d atas aku.. ea ada kesempatan ke palembang. Bengkel baru. Ngga da mekanik nya. Dngn persaingn 9 bengkel ngga jauh dari tmpt itu .yg pd sudah berdiri lama.. aku target masa rintis 3 bulan.. eh ternyata 2 minggu kita udah kebanjiran konsumen alhmdlh dari kerja keras kita. Mulai memuaskan. Dngn cara kerja kita. Hasil kerja kita. Jga argumen . Yg mungkin di mengerti oleh berbagai konsumen.. walaupun saya rasa ilmu aku masih belum bsa. Msh jauh d katakan handal. Apa lagi profesional.. tp insylh aku slalu belajar dan belajar.. guna dapat hasil yg maximal…

Sampai detik sekarang aku trus berusaha dan berusaha.. karena persaingan begitu ketat… yg slalu terkendala dngn keuangan yg begitu jauh dari kata mendukung. Untk berkarya.. untk berkembang. Untuk bsa maju… aku sangt butuh investor investor sob…… untk perkembangan. Untk mengembangkan…

Nama bengkel . . . .??

Mslhnya itu sob.. aku bengkel rumhan.. tp blum d pang pang benar.. “RACES” setelah lulus hmtc.. aku kebanyakan d luar untuk menyeimbangkan hasil dari hmtc.. karena dari hmtc ilmu yg aku dpt paling 30 smpai 40 % mkanya aku masuk dan keluar bengkel.. sampai ke daerah sumatra.. untuk menguji mental dan ilmu yg ku dapat. Baru 2thn aku d rumh..

Ilmu hmtc bsa d katakan dasar…persentaseu nya bsa d katakan kecil klau kita udah lulus trus buka mnrt aku besar resiko nya.. sadar akan hal itu mkanya aku .extra mencari ilmu d lapangn. Guna untk melengkapi dasar itu….walaupun aku tau sampai skrang ilmu aku blum hebat.. maknya aku trus menjalin hub baik dngn memprrbayk trus relasi… ilmu dasar hmtc bsa d katakan bagus.. dan besar manfaat nya seandainya kita udah bisa memahami dilapangan nya sob.. itu emang trasa sma saya..

Cita cita ku, aku ingin jd mekanik profesianal d bidang nya.. Dngn argumen yg bsa d mengerti oleh berbagai konsumen… Dngn hasil yg memuaskan… Dasar mekanik ku adalah hobi.. Uang buatku no 2. Hasil yg memuaskan, itu tujuanku.. tp pekerjaan rumah masih bnyk.. dya persaingan yg begitu ketat.. menuntunku.. tuk bsa mempunyai ke.ampuan plus d motor.. karna aku d hmtc cmn d standar… promosi buka bengkel tujuanya.. aku extra lagi tuk bsa ilmu modifikasi mesinn sob.

Kenapa memerlukan Investor ?? Bukan kah dengan pengalaman anda. . . .

Ea emang nyata dan pakta nya emang begitu…. apapun jenis usaha kita hrs bersungguh”… hheee

Jelas sangat butuh sekali sob. Guna untuk memgembangkan usaha bengkel saya… karena bengkel meurt saya membutuh kan banyak modal.. yg paling besar modal yaitu sparepart atw onderdil nya sob. Dan sewa tmpt yg menurtku pd mahal..

Ok emang bsa. Ni terbukti dngn aku membuka bengkel rumahan.. tanpa sparepart atw onderdil. Aku cuman dapat dari jasa aja… alhmdlh klau cman untuk mkan dan roko. Saya terpenuhi… tp di sini aku punya target. Dan bengkel rumahan tidak akan menjamin karena w

Karena tempat nya jauh dari kta strategis dan berada d pelosok jauh dari kota.. aku ingin buka bengkel d kota atau tmpat yg strategis.. tp sngt susah karena aku ngga punya modal.. karena biaya tempat sewa nya aja udah mahal mnrt ku… disinilah terkadang pikiranku drop sangt.. terkadang suka terlintas tuk ke luar jalur sob… sngt seudih yg kurasakan…. hheee

Oooh begitu. So, How about kehadiran piala-piala ini . . . . Boleh dong di ceritakan

Itu work shop tmn seperjuangn waktu d hmtc.. bsa d katakan udah jd keluarga…. d tambah tmpt kami tinggal jga dekat… kita berkarya berdua.. bagi tugas.. dia menjalin hub erat sama mekanik saehu wilayah nya.. aku jga demikiann…u nah kita slalu mendiskusikann wawasan bru yg mungkin utk menyeimbangi bengkel” lawan yg waw.. dngn menggabungkan ilmu dasar dari hmtc… Alhasil alhmdl jerih payah dari perjuangn udah mulai terlihat.. Walaupun aku dan tmn ku mersa ilmu nya masih jauh dri besi.. itu kan yg paling sering cmn even lokal bro.. d kejurda dan kejurnas nya.. msh terkendala dngn biaya nya hheeeeee

 

Nama Lengkap: Dadan Hamdani

Tempat tanggal lahir: Sumedang, 24 agustus 1986

Nama Bengkel: Races

Alamat: Jl Cijeruk Rt 04/Rw 011, Kec. Pamulihan, Kab Sumedang.

Facebook: https://www.facebook.com/razone.dces

WA: +62-852-2266-9393

 

Ia tth Barbiez.. mikch ea.. takan pernah berhenti tuk berkarya guna tercapai hasil yg maximal..

Hhaaaa waduhh bro… aku cumn d pelosok bro…. Karena itu aku ingin sekali buka d tmpt yg strategiss

Mkch ea bro… Sangat….membantu sekali dngn menanbah trus relasi relasi ini.. thanks

Jangan lupa ya Kang Dadan Hamdani. Pesanan sepeda onthel yang dilengkapi mesin untuk saya. Lumayan nih jadi enggak gampang letih.