Bengkel Motor Milik Pak Hendri dan Mas Dimas Resmi Dibuka Setiap Hari

Fresh graduate atau mahasiswa yang baru lulus. Bisanya sangat berharap untuk bisa segera terjun ke dunia kerja setelah menggapai gelar kesarjanaan. Namun karena memiliki pengalaman yang minim, lamaran mereka  cenderung ditolak dan kalah oleh orang yang sudah berpengalaman.

Lalu bagaimana cara yang terbaik agar fresh graduate mampu mendapatkan pengalaman kerja atau setidaknya memiliki bukti nyata bahwa dia telah siap kerja.

Ini lah keungulan penerapan sistem pendidikan di HMTC . Pola pendidikan dan pengajaran yang mereka miliki sudah secara otomatis dipersiapkan sedari awal untuk menciptakan lapangan kerja. Berbicara tentang bukti nyata ?? Lebih baik kita langsung bertatap muka dengan mereka. Mantan siswa ini berjumlah 2 orang dan baru beberapa waktu kemarin lulus dari HMTC pada bulan Juni 2017.

Namanya: Mr Hendri Siregar dan Mas Dimas Fajar. Keduanya bertemu di HMTC cabang Yogyakarta. Kondisi iklim komunikasi di HMTC lah yang menuntun mereka mau bekerja sama, selain faktor pengalaman. Dana yang dikumpulkan sebesar Rp. 50 juta. “Modalnya 50% dan 50% ”, ujar Mas Hendri Siregar saat saya datang ke bengkel mereka, Barokah Motor yang beralamat di Jl. D Andees, Kranggan, Galur, Kulon Progo.

Iklim yang Sejuk.

Menggunakan Sepeda roda dua, lengkap bersama motor penggerak berupa kaki, saya mengayuh penuh semangat. Sebelumnya, kita pernah bertemu di Hotel “Neo Awana” pada 2 hari lalu saat Mr Hartomo dan Pak Nandang menginap disana. Kami berlima berbicara panjang lebar di pendopo hotel.

Letak nya sangat strategis. Belum lagi kondisi geografis yang indah, yakni berupa hamparan sungai Kali Progo menyelimuti  sepanjang rute perjalan menuju bengkel Barokah Motor. Sesampainya disana, langsung saja kami banyak bicara. Berbagai topik pembicaraan mengalun bersama saduran nada ritme suara air sungai nan merdu.

Diperkirakan sebentar lagi, Bandara Adi Sucipto akan pindah ke dekat daerah sini mas. Kurang lebih 3 kilo dari sini ,” terang Mr Dimas Fajar sesaat susunan gelas kopi yang tersusun sedang mengisi rasa dahaga. Lantas kedua pemilik Barokah Motor bercerita tentang pengalaman kerja masing-masing selama ini, sebelum menempuh pendidikan di HMTC.

Ujarnya Mr Hendri, “Sekolah di HMTC, karena ingin bertambah pengalaman. Sebelumnya sempat sekolah di SMK Jurusan Otomotif Mobil, tapi saya lebih menjiwai motor. Pernah kerja bengkel di Medan untuk semua motor sekitar 1,5 tahun setelah tamat sekolah, yakni servis ringan dan servis berat, serta upper hole. ” Lalu juga Mas Dimas menjelaskan kisah awalnya, “Saya pernah bekerja 2 tahun di bengkel Wins Speed Motor, Jakarta. Karena dari SMA Gitta Kirti II, Jakarta Utara sudah main motor. Di bengkel itu saya bekerja sebagai spesialis Motor Mio untuk matic.

Bengkel Barokah sendiri berdiri pada bulan Agustus 2017 (Ha a a a. . . .2 bulan setelah lulus). Modal yang telah terkumpul sebesar Rp. 50 juta, namun uang yang dipergunakan hanya sebesar Rp. 30 juta.  Mengenai penggunaan dana, mereka mengatakan dipakai untuk, “Kontrakatan dan Kunci, Spare part alat, motor standar,alat service injeksi (oli, oli mesin, oli samping 2 tak, ban dalam, bohlam lampu depan, bohlam lampu belakang, laker atau baring, kampas rem depan belakang, ban luar, busi, rantai timing, aki, gear seti, komstir, pan bell, perpak atau gas sket). Sebagian alat racing (dial, grinda kem(NOKEN), Borcuner, dsb), serta yang terakhir kompresor.

Pelanggan pertama terhitung dimulai pada 2 hari setelah buka. Beliau meminta untuk diperbaiki kunci jok belakang dan ganti oli. Minggu pertama ada 5-7 pelangan dan itu semua bukan saudara, diantara itu juga, bengkel barokah sempat memperoleh servis besar pertama, yakni overhall mesin, coolter block, piston, score klap, dan ganti oli. Nah, sempat kemudian mereka mengutarakan bahwa, “Hubungannya servis besar dengan pendidikan HMTC sangat berpengaruh. Jadi kami tinggal mengaktualisasikannya saja.

Apa rencana kalian untuk jaminan usaha di masa depan ??

Rencana dan Target untuk 1-2 bulan dan 1-2 tahun mendatang belum ada. Tapi gambaran sudah terlihat. Pokoknya memiliki target dalam seminggu selama 1 tahun mendatang adalah 7 atau lebih pelanggan selama per minggu nya.

Bagaimana cara Bengel Barokah Motor menarik pelanggan ??

Dengan service yang maksimal, pola kerja yang maksimal, serta tata karma yang sopan pada konsumen. Enggak terlupa bila promosi selalu berasal dari pelayanan yang baik.

Bagaimana dengan pendapat Pak Hartomo tentang membeli motor bekas, dibagusin, hingga kemudian dijual kepasaran ??

Tergantung modal yang kita punya.  Dan tidak semudah apa yang kita pikirkan. Semua itu membutuhkan proses. Menurut pandangan kami, itu merupakan ide yang sangat menguntungkan.

 

 

Nama Lengkap: Hendri Siregar

Tempat tgl lahir: Medan, 3 January 1992

WA: 0821-6543-8585, 0822-7489-1812,

Facebook: https://www.facebook.com/profile.php?id=100006846554791

Nama Lengkap: Dimas Fajar

Tempat tgl lahir: Jakarta, 25 Februari 1989

WA: 081291599300

Facebook: https://www.facebook.com/veong.wins

Nama Bengkel: Barokah Motor

Alamat: Jl. D Andeles, Kranggan,GALUR Kulon Progo

 

 

Skill dan kemampuan saya belum 100 % sempurna dan saya yakin dengan pengalaman dan kerja keras saya bisa menjawab tantangan tersebut.

Suatu kehormatan dan kebahgian bagi saya. Bisa berjumpa langsung kepada bos besar/pemilik KURSUS MEKANIK HMTC YOGYAKARTA pak Hartomo K Alamsyahrir yang telah memberi nasehati,motivasi kepada saya . Selagi saya sangat berterima kasih yang sebesar_besarnya…..

Tambah akrab aja nih Guru sama Muridnya.