Pro Tuner tumbuh bersama Pak Athanasius Ketut Hargunanto yang Brilian

Dari awal berdiri sejak tahun 2009, bengkel yang punya namaPro Tuner memang sudah memfokuskan kinerjanya untuk urusan modifikasi mesin. Sesuai namanya Pro Tuner yang di ambil dari singkatan Proffesional Tuner. Digawangi  oleh Athanasius Ketut Hargunanto sebagai CEO, bengkel yang kini berlokasi di daerah Tuban Kelan, Kuta selatan, Bali memiliki layanan untuk umum, modifikasi juga performance macam engine dan dyno tuning.

Pro Tuner dikelola secara professional dengan menggunakan pelayanan berkonsep One Stop Service. Hal yang menjadikan bengkel ini banyak diminati oleh berbagai komunitas motor sport  hingga wisatawan yang tinggal di Pulau Dewata.

Bicara tentang sepak terjangnya di dunia custombike untuk tingkat internasional, bengkel ini sudah berani membangun daya jangkau bisnisnya hingga benua Australia. Pastinya semua itu berdasarkan prestasi gemilang yang Pro Tuner toreh selama ini kepada tiap pelanggannya, baik itu layanan jasa servis berupa perawatan berkala maupun perbaikan harian dan modifikasi. Selain itu, “Di Bali,  baru bengkel kita yang menyediakan jasa remapping ECU standart Ninja 250fi, YZF, R25, ER6N, Ninja 650, YZF R6 ” jelas pria lulusan HMTC (Hartomo Mechanical Training Centre) Rawamangun ini.  “Mulai remapping  fuel timing, ignation timing, geser limit RPM Ecu original motorsports di atas bisa dijabanin oleh Pro Tuner. “  Yakin Ketut.

Kebetulan di sela-sela kesibukan beliau yang padat, Tim HMTC diberi kesempatan untuk dapat mewawancarai Mr Athanasius secara langsung melalui What’s Up (19/9/2017). . . . . . .

Pasar yang Potensial.

Terhitung sejak 1 hingga 4 bulan awal pendirian di tahun 2009, bengkel saya memang sudah disesaki oleh pelanggan. Hampir semua komunitas motor berjenis Kawasaki Ninja 250 R, kala itu mempercayakan setting-an motor ke kami. Karena kala itu belum banyak mekanik yang paham akan motor besar bermesin multi silinder.

Kurang lebih jumlahnya ada 4 atau 5 komunitas kala itu. Rata-rata tiap 1 komunitas  jumlahnya di atas 15 motor. Sejak itu pula pada tahun 2009, Bengkel Pro Tuner sudah berani memperkerjakan karyawan sebanyak 3 orang. Alhasil pada tahun 2017 ini, tenaga kerja kami sudah sebanyak 12 orang, termasuk tukang cat, tukas las, dan ahli mekanik.

Sempat mengalami pasang surut pada tahun 2014 akhir hingga penghujung tahun 2015. Situasi perekonomian  sedang kurang bergairah saat itu berdampak pula pada situasi Bengkel. Beranjak 1 tahun kemudian,  usaha mulai bangkit kembali,  selain service n tune up, kita menjajal dunia baru dengan membuka divisi custom atau modifikasi.

Bali yang menjadi destinasi para wisatawan asing pun menjadi market potensial untuk mengawali bisnis di divisi custom Pro Tuner.  Hasil modifikasi Pro tuner mulai banyak digemari para wisatawan manca negara dan banyak pula wisatawan yang memboyong hasil kerja Pro Tuner ke negaranya.

Salah satu kuncinya adalah kita membangun motor dengan teliti dan detail mulai modif frame hingga mesin hingga motor nyaman dikendarai “ ungkap Pria yang  masih aktif sebagai Jurnalis di beberapa media Otomotif nasional ini. “Apalagi motor yang akan digunakan di luar negeri tentu saja harus lulus uji  street legal negara tersebut,  tentu saja ini menuntut pengetahuan teknik dan teknolgi tersendiri “ lanjutnya.

Dari pertama belajar dulu di HMTC, instruktur selalu mengajari untuk mempelajari motor secara praktis dan teoritis. Ketika mendevelop mesin atau rangka, tentu bukan asal las dan sambung besi, namun di cek dulu dengan menggunakan software khusus, seperti Software Motorcycle Kinematic. Bukan hanya centre grafity, disitu brake ability hingga sistem suspensi terukur dengan baik baru diterapkan ke dalam kerangka motor konsumen.

Seiring berjalan waktu,  perkembangan Pro Tuner semakin baik, selain modifikasi frame dan mesin, mereka beranjak ke pembuatan tangki dan cover dengan menggunakan material aluminium. 

All the kind dikerjakan secara professional di bengkel kami. Dan sejauh ini Bengkel Pro Tuner pun sudah mampu mengekspor motor custom hasil karyanya hingga ke benua Australia. Kabar yang lebih menggembirakan lagi, yakni pada akhir tahun 2017 ini, akan ada motor yang dikirim untuk mengikuti gelaran Sydney Motorcycle Show di Sydney, Australia.

Di hajatan yang dihelat oleh  mantan Juara Dunia Superbike Troy Bayliss dan merupakan even motor terbesar di Australia ini ,  salah satu hasil karya Pro Tuner berbasis Kawasaki ER6N  bakal mejeng disana lho… keren kan?

Bagaimana dengan hasil Kinerja ??

Kalau itu konsumen yang berhak menjawab, bukan kita, “ kilah Ketut. “Sejauh ini, kita sudah menjadi  bengkel  one stop service di Bali. Mulai dari modif, service, tune-up, balap, ada dynotest ada painting shop  juga, las argon dan banyak lagi, “ papar Pria 38 tahun ini .

Bahkan untuk dynotest, Pro Tuner pun sudah mampu membuat sendiri lho.   Kombinasi Perangkat dari Sportdevice dan mesin dyno type inertia roller rancangan mereka sendiri itu konon sanggup menampung power hingga 200 HP! Wow..

Dan di tahun 2017 ini, Bengkel ini juga berkolaborasi dengan komunitas Yamaha R25 Owners Indonesia chapter Pulau Bali untuk berkiprah di gelaran Yamaha Sunday Race di Sentul. Beberapa podium hingga seri tiga lalu pun sempat diraih dengan Yamaha YZF R25.

Mengapa semua ini bisa terjadi ??

Ya, basic awal dari HMTC sejak tahun 1999 akhir yang membuat metode kita seperti ini. Pelajaran teknik yang telah diberikan dapat secara praktis dan teoritis diterapkan disini.  Dasar itu yang dikembangkan hingga menjadi seperti sekarang ini.

Tentunya special thank’s to HMTC cabang Rawamangun salah satunya, karena saya lulusan sana. Kala itu saya belajar dengan instrukturnya, yakni Mas Tommy , Gina Gunawan, Dwi, Eded, Rahmat Dase, dan Pak Ikin.

Peran mereka jelas besar buat saya. Mereka membentuk pondasi awal pengetahuan tentang motor kepada saya.  Dan  Itu sangat penting!

Sejak lulus di tahun 2000. . . .Saya belajar banyak dari referensi-referensi buku teknis luar negeri. Saya terapkan di motor-motor konsumen saya. Di lengkapi juga dengan buku, software membuat frame, software develop mesin dan special tools khusus. Itu yang membuat kita beda dengan yang lain.

 

Nama: Athanasius Ketut Hargunanto

Nama Bengkel: Pro Tuner.

Alamat: Jl. By Pass Ngurah Rai No.16 ( Pertokoan Citra Bali Ruko No.5 ), Tuban Kelan, Kuta selatan, Bali.

HP & WA: +62 813-3837-9008

 

 

Tokoh – Tokoh HMTC

 

Kamu bener2 menikmati menjadi orang Bali ya, saya senang dan bisa membayangkan rasa senang dan damai di Bali.

 

Makan – Makan di Pura Besakih habis Upacara Panca Bali Krama. sip lah….akhirnya bisa liat Pura Terbesar di Bali. dan Upacara ini tiap 10 tahun sekali doang……

 

Hwohoho…muantab brO, photo2na kueren bngettt…slmat ya brO, Moga sukses N bahagia selalu… Selamat beranak cucu di muka bumi… Godbless…..

 

Jadul banget ya foto . ya. Foto siapa aja neh……. Perasaan yg pakai kaos biru kenal….

Kangen juga ya Im, banyak kenangan. masih inget Erna nggak lu?

Mancing ama yg punya sew rumah nya ………

 

inget inget masa lalu di tahun 2009. When i was young and handsome ….

 

Minta tolong Motornya di elus lagi yah om ketut biar bisa kabur duluan pas seri 4 hehehe. . . . . Welcome home baby.

 

Build front fork confiderate P51 parts by part with Inventor Software. . . . Pancen joz, keterampilan tangan rak ono sing nandingi yo mas

 

Hore aman sudah !! Jam 3 siap terima piala lagi

Hahahaha …… biar agak cerahan dikit ….. itu mata keliatan cape begadang

 

Keren polll om… jadi pengen bisa masuk koran gitu di acara balap. . . . . . . .Ga muat badannya om klo masuk koran..

 

Ready for Yamaha Sunday Race Round 3 powered by pro tuner bali.

 

Yg butuh asisten mekanik monggo. . . . Langsung dari Russian. . . .